Wakil Bupati Siak Dan OPD Serta Unsur Terkait Bersama-sama Mengatasi Permasalahan Banjir

facebook reddit twitter email whatapps pinterest gmail telegram line yahoomail skype

banjir yang sudah terjadi hampir 1 bulan lebih yang sudah terjadi 2 kali dalam 1 bulan di Kampung Bengeng Hilir, Kecamatan Mempura tepatnya di Dusun 1 dan 2 banyak menyisakan cerita.

OPD terkaiit seperti BPBD, Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Baznas, serta unsur TNI dan Polri bersama-sama mengerahkan kekuatan demi mencari penyebab banjir, mengatasi, serta mencegah untuk kedepan nya, tidak lupa henti-henti nya selalu memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak banjir. dimana warga yang terdampak ada 270 KK, dan BPBD Kab. Siak mendirikan tenda pengungsi yang bisa menampung warga setempat, jika seperti anak bayi atau balita dan ibuk-ibuk di tempat kan di aula kampung benteng hilir.

berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 360/7235/SJ Tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi, Wakil Bupati Siak memerintahkan Kepala Pelaksana BPBD Kab. Siak segera membuat usulan Penetapan Status  Siaga Darurat Bencana Banjir. Mengingat situasi saat sekarang dengan hujan yang terus menerus intensitas curah yang cukup tinggi dan pasang surut nya air sungai yang menyebabkan terjadinya banjir maka dari itu perlu di tetapkan nya Status Siaga Darurat Bencana Penanggulangan Banjir di Kabupaten Siak Tahun 2022. Ada pun daerah-daerah di Kabupaten Siak yang sudah terdampak banjir yaitu :

Kecamatan Kandis di (Kampung Belutu Areal 1000, Kampung Pencing Bekulo, Kampung Kandis) terdampak 321 KK;

Kecamatan Tualang di (Kampung Tualang) terdampak 166 KK;

Kecamatan Sungai Apit di (Kampung Mengkapan, Kampung Tanjung Kuras) terdampak 198 KK;

Kecamatan Pusako di (Kampung Dosan, Kampung Pebadaran)  terdampak 71 KK;

Kecamatan Mempura di (Kampung Benteng Hilir, Kampung Merempan Hilir, Kampung Benteng Hulu) terdampak 300 KK;

Kecamatan Siak di (Kampung Merempan Hulu) terdampak 27 KK;

Kecamatan Koto Gasib di (Kampung Kuala Gasib, Kampung Pangkalan Pisang, Kampung Buantan II, Kampung Sengkeman, Kampung Rantau Panjang) terdampak 32 KK;

Kecamatan Sungai Mandau di (Kampung Lubuk Umbut) terdampak 9 KK

Untuk itu dari permasalahan diatas, maka perlu dibuat nya posko Siaga Darurat Bencana Banjir Kabupaten Siak, Kecamatan, Kelurahan dan kampung serta di tetapkan nya petugas-petugas yang akan di SK kan. Dan melibatkan unsur TNI, POLRI, BASARNAS, instansi terkait, relawan kebencanaan dan unsur masyarakat lainnya

Banjir bencana alam yang paling sering terjadi di Kabupaten Siak Definisi banjir adalah keadaan dimana suatu daerah tergenang oleh air dalam jumlah yang besar. Kedatangan banjir dapat diprediksi dengan memperhatikan curah hujan dan aliran air. Namun kadangkala banjir dapat datang tiba-tiba akibat dari angin badai atau kebocoran tanggul yang biasa disebut banjir bandang.

Berita Terkait

Berita Terkini

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang bertanda * wajib diisi.